Antusiasme Pendamping untuk Menyambut Mahasiswa Baru

            “Peran pendamping sangat sentral dalam acara P2K, karena pendamping merupakan wajah awal dan motivator bagi Mahasiswa baru,” ujar Dr. Hadi Suyono M.si saat memberikan pelatihankepada para pendamping.

Panitia P2K Fakultas Psikologi UAD memiliki satu divisi yang tidak kalah penting dari divisi lain, yaitu divisi pendamping. Pendamping mempunyai peran sentral terhadap suksesnya acara P2K. Pendamping merupakan wujud dari wajah awal kehidupan perkuliahan bagi mahasiswa baru. Oleh karenanya pendamping harus bisa memberikan yang terbaik, agar mahasiswa baru tau tentang bagaimana kuliah di UAD. Mulai dari perkuliahan, membayar spp, ngisi KRS dll.

Pendamping juga dituntut untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan mahasiswa baru, supaya tercipta rasa kekeluargaan antara maba dan pendamping. Selain itu juga perlu adanya wawasan yang lebih untuk para pendamping, agar kelak bisa menjawab semua kebutuhan dari Mahasiswa baru yang dibimbingnya. Selain itu pendamping harus bisa menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa baru.”Antusias saya sangat besar karena ingin mensukseskan acara P2K dan memberikan contoh yang baik kepada mahasiswa baru, bahwa kami siap mengarahkan semuanya kea rah yang lebih baik dan akan menjaga komitmen ini sampai akhir”, ujar Shofi Nurul Fajri salah satu pendamping putri.

Setelah melalui berbagai tahap seleksi panitia P2K Fakultas Psikologi, terpilihlah 34 pendamping yang terdiri dari 10 pendamping untuk putra dan 24 pendamping untuk putri. Setiap dari pendamping akan mendampingi 1 kelompok untuk di binanya selama satu semester. Itulah merupakan keistimewaan dari pendamping. Ketika acara P2K sudah selesai, tapi tugas dan tangung jawabnya masih terus berlanjut. Meskipun demikian para pendamping tetap menjalaninya dengan senang dan sukarela.

Abdul Karim Amirullah salah satu dari pendamping mengaku sangat senang menjadi pendamping. “Saya sangat antusias dalam menyambut mahasiswa baru tahun ini, itung-itung untuk kemajuan Fakultas Psikologi juga. Presentasenya bagi saya 60 persen untuk kemajuan Fakultas dan 40 persen guna menambah pengalaman dan bersenang-senang di acara P2K”.