(25/08/2017)Bertempat di Auditorium Kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan, diselenggarakan  seminar bertajuk “Play Therapy” dengan narasumber Yudi Hartanto yang merupakan terapis play therapy college of allied educators. Peserta seminar merupakan mahsiswa magister profesi klinis dari berberapa angkatan beserta Dosen Fakultas Psikologi.

Play therapy masa kini merupakan bentuk  psikoterapi yang banyak digunakan di dunia anak. Mengingat anak-anak menyukai bermain, sehingga terapi ini mudah diterima oleh anak. Fenomena saat ini pun menunjukkan bahwa anak-anak kurang bergerak. Permainan yang disuguhkan tidak menuntut anak banyak bergerak. Semakin sedikit lahan kosong menjadikan semakin sedikit anak bermain bola. Terapi bermain dapat membantu anak dengan gangguan sosial, emosi, perilaku, dan mental. Sel syaraf yang terganggu akibat trauma, ketakutan, dan hal-hal yang tidak menyenangkan menyebabkan perkembangan otak anak tidak berkembang optimal. Melalui play therapy anak diajak mengaktifkan kembali sel syaraf yang tidak berkembang optimal.

Melalui seminar ini, peserta mendapatkan gambaran psikoterapi yang disukai oleh anak-anak sehingga bisa menjadi pilihan dalam menangani berbagai kasis klinis seperti anak dengan kebutuhan khusus. Melalui seminar ini juga peserta diajak untuk membiarkan anak bergerak menngikuti naluriah anak yang terus bergerak.

Bermain itu bergerak, maka anak harus bergerak saat bermain. Bermain air saat hujan itu penuh dengan stimulasi, maka jangan larang anak main hujan-hujanan dan mengurung anak di rumah dengan TV dan gadget”, ungkap Yudi.