Pada tanggal 7 dan 8 Mei 2018, LPPM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan program TOT Employability Skill bagi Guru-guru SMK yang merupakan program yang didanai oleh kemenristekdikti melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). PKM ini merupakan salah satu skim dalam hibah pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan pada tahun 2017 dan didanai pada tahun 2018 oleh Kemenristekdikti. Mitra sasaran dalam program ini adalah SMK Negeri 1 Seyegan dan SMK Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta yang merupakan SMK-SMK favorit dengan jumlah peminat dan jumlah siswa yang banyak sehingga layak dijadikan mitra dalam program PKM ini.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kemenristekdikti ini dikoordinatori oleh Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si., dan Desta Rizky Kusuma, SE., M.Sc serta beranggotakan Dr. Surahma Asti Mulasari, M.Kes., Sulistyawati, MPH., dan Tri Wahyuni Sukesi, MPH. TOT Employability merupakan program pelatihan untuk melatih guru-guru menjadi trainer employability yang nantinya mampu menerapkannya secara mandiri di lingkungan sekolahnya masing-masing sehingga akan berkelanjutan secara terus menerus. Program-program TOT Employability tersebut diantaranya adalah pelatihan kemampuan komunikasi, kemampuan beradaptasi, kemampuan kerjasama, kemampuan memanajemen, kewirausahaan, kemandirian, kedisiplinan, tanggung jawab dan motivasi berprestasi.

“Tujuan utama program ini adalah menghasilkan guru-guru yang ahli atau terampil dalam mengaplikasikan employability skill untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa dan menghasilkan lulusan yang siap kerja. Selain itu luaran dari program ini adalah buku modul employability skill untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa, dihasilkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan publikasi di Jurnal Internasional” Tutur Fatwa selaku koordinator dalam program PKM ini.