Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Pada Komunitas Dialektika Laris
Budaya literasi masyarakat Indonesia masih tergolong dalam kategori tingkat literasi rendah. Hal ini sesuai data Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019 tingkat literasi Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara. Literasi tidak hanya berkaitan dengan membaca namun juga dalam kegiatan menulis. Menulis merupakan suatu kegiatan yang telah ada sejak zaman dahulu hingga sekarang. Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan menyampaikan pesan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Kegiatan tulis menulis tidak dapat dipisahkan dari mahasiswa. Seringkali tuntutan tugas-tugas dari dosen bahkan tugas akhir menuntut mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah.
Banyaknya tugas mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah menjadikan kuantitas artikel ilmiah menjadi terus naik dan bertambah. Data Kementerian Riset dan Teknologi tahun 2018 menyebutkan bahwa saat ini artikel ilmiah masih dari sisi kuantitas, belum dari segi kualitas. Menyikapi hal tersebut, maka perlu adanya pelatihan kepenulisan Jurnal guna memfasilitasi mahasiswa dalam menambah wawasan tentang kepenulisan karya ilmiah meliputi pedoman tata cara kepenulisan artikel jurnal, metode penelitian, serta kiat dan tips menulis artikel jurnal untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah.
Salah satu bentuk kepedulian untuk memperbaiki rendahnya budaya literasi dan kualitas karya ilmiah mahasiwa tersebut, maka pada hari rabu dan kamis tanggal 25 dan 26 Agustus 2021 sejumlah Mahasiswa Pascasarjana Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mengadakan pelatihan dengan tema “Penulisan Artikel Jurnal Pada Komunitas Dialektika Laris”. Kegiatan ini disalurkan melalui Program Pemberdayaan Umat Mahasiswa (PRODAMAT) yang dikoordinir secara kelompok oleh Rizky Allivia Larasati Haibar, Ulfah Musyaropah, Nurhayati Adiratna Kusuma dan dosen pembimbing yang selalu memberikan dukungan penuh serta menjadi salah satu narasumber yaitu bapak Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si. Pelatihan yang berlangsung selama dua sesi ini dihadiri oleh para anggota komunitas Dialektika Laris.
Materi pada sesi pertama hari rabu, 25 agustus 2021 disampaikan oleh Fitria Fauziah Hasanah, S.Pd., M.Pd selaku editor dan reviewer salah satu jurnal terakreditasi nasional. Kegiatan di sesi pertama ini dilaksanakan secara daring/online melalui zoom meeting dan berlangsung selama dua jam mulai dari pukul 13:00 WIB sampai dengan pukul 15:00 WIB. Peserta pelatihan berjumlah kurang lebih 30 orang yang didominasi oleh mahasiswa jenjang strata-1 (S1).
Dalam menulis artikel ilmiah yakni jurnal penelitian harus sesuai sitematika penulisan yang baku dan metodologi yang benar. Keruntutan mulai dari abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan serta daftar pustaka juga harus diperhatikan mengikuti standar baku dan template author guidelines yang ditetapkan masing-masing jurnal. Result atau kesimpulan yang disuguhkan peneliti harus layak publish, metodologi harus clear mulai dari bagaimana data collection dilakukan sampai sumber data yang digunakan harus dipaparkan dengan baik. Jika hal-hal tersebut sudah dilakukan, maka kualitas artikel jurnal akan meningkat dan dapat dilirik oleh reviewer junal bahkan bisa accapted dan publish atau diterbitkan.
Materi sesi kedua disampaikan oleh dosen pembimbing yakni Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si. Sesi ini diikuti oleh 32 orang peserta yang antusias dalam menyimak materi dari pemateri. Langkah dasar dalam penelitian dimulai dengan proses mengidentifikasi permasalahan penelitian, kemudian mereview literatur dengan menyusun landasan teori yang akan digunakan dan merumuskan hipotesis. Tahap selanjutnya mengumpulkan data, lalu menganalisis dan menginterpretasi data tersebut. Setelah itu, dilanjutkan dengan tahap melaporkan dan mengevaluasi penelitian.
Pelatihan ini alhamduillah disambut dengan baik oleh pengelola komunitas Dialektika Laris dan berjalan dengan baik. Mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Dialektika Laris mengikuti kegiatan pelatihan dengan antusias dan aktif bertanya sehingga semakin menambah pemahaman dan memperluas wawasannya terkait penulisan artikel jurnal. Selain itu, dengan pelatihan ini mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir yakni skripsi menjadi lebih terbantu dan memahami alur penulisan artikel jurnal. Di akhir pelatihan sebelum penutupan, dilakukan sesi foto bersama sebagai bukti dokumentasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini.