Mahasiswa Psikologi UAD Menuntut Ilmu sambil Jalan-jalan ke Malaysia

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti Program International Youth Leader 2018 batch 2 yang diselenggarakan oleh Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) pada tanggal 16 – 18 September 2018. Rombongan Program International Youth Leader 2018 batch 2 berjumlah sekitar 38 delegasi terdiri dari mahasiswa terpilih seluruh Indonesia. Kami  3 mahasiswa Fakultas Psikologi (UAD) yaitu Azizah Nur Amrini, Siti Zenab, Dwi Irma Mutia berkesempatan mengikuti program ini beserta  beberapa delegasi dari mahasiswa international, seperti :  Al Azhar Kairo, Istanbul Sahabatain Zaim University, North East Normal University China, dan Chia Nan University Taiwan.

Pada hari pertama, program International Youth Leader atau biasa disebut IYL mengajak rombongan delegasi berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang ada di Malaysia. Mulai dari Putra Mosque dan berakhir di Menara Petronas yang menjadi ikon utama negara tersebut. Masjid Putra Mosque memiliki kubah berwarna merah jingga, dibangun menggunakan granit berwarna merah, dan dapat menampung sekitar 15000 jamaah. Destinasi selanjutnya adalah Gedung Sultan Abdul Samad, gedung ini terletak di Kuala Lumpur Malaysia tepatnya di depan Dataran Merdeka. Masjid Jamek adalah destinasi selanjutnya, masjid Jamek Jlana Tun Perak adalah salah satu masjid tertua di Kuala Lumpur dibangun oleh pedagang – pedagang muslim yang berasal dari India. Tidak terlewatkan pula kami serombongan pergi ke Menara Petronas yang menjadi ikon utama negara ini. Menara petronas adalah sepasang Menara kembar yang pernah menjadi bangunan tertinggi didunia pada tahun 1998 – 2004 sebelum dilampaui Burj khalifa dan Taipei.

Pada hari kedua, agenda Kami adalah mengikuti kuliah umum yang dilaksanakan di Fakulti Pendidikan UKM. Selain itu Kami juga  belajar ilmu kepemimpinan langsung oleh pakarnya, seperti Dr. Azlin Norhaini Mansor, Dr. Mohamed Yusuf Mohd Nor, dan Assoc. Prof. Dr. Jady Zaidi Hassim. Turut hadir juga sebagai Guesstar yaitu  Engku Emran Bin Engku Zaenal Abidin selaku pembicara dari salah satu perusahaan besar di Malaysia. Kami juga mendapat ilmu baru  dari kementrian Belia dan Sukan (Kemenpora Malaysia) yakni Dr. Nazrin. Dalam kuliah umum, peserta IYL beserta Mahasiswa Fakulti Pendidikan UKM disuguhkan materi tentang ‘’How To Be A Leader?’’ yang diisi oleh beberapa datuk /dosen UKM dan para pakar Kepemimpinan. Setelah sholat isya’ berjamaah, delegasi International Youth Leader berkesempatan untuk sharing bersama Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) yang berada di UKM. Kami juga  mendapatkan kesematan untuk  berdiskusi terkait kepemimpinan dan juga sharing perihal bagaimana kuliah di UKM.

Pada hari ketiga, Kami selaku delegasi berkesempatan mengnjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur yang didampingi oleh Bp. Erwinsyah perwakilan dari atasekdik KBBRI Kuala Lumpur. Abang Dony Ropawandi selaku ketua PPI Malaysia, Ibu Dahlia selaku first secretary KBRI Kuala Lumpur serta Ibu Rika selaku penanggung jawab KBRI Kuala Lumpur. Dalam kunjungan kali ini, para delegasi IYL disuguhkan terkait pemaparan – pemaparan warga Indonesia yang ada di Malaysia. Selain itu Kami juga tahu bagaimana upaya KBRI untuk mensejahterakan putra putri Indonesia baik dalam system pemberian gaji, pendidikan, dan layanan publik. Perwakilan IYL juga berkesempatan mengunjungi tenaga kerja Indonesia yang ada di shelters KBRI Kuala Lumpur. Disana Kami mempelajari tentang Case dan tak lupa juga Kami memberi semangat agar mereka segera pulang ke Tanah Air Indonesia.