Nikmatnya Belajar Bersama

Selain dapat menjalin pertemanan lebih erat dengan yang lain, juga dapat meningkatkan taraf juang yang lebih. Hal tersebut merupakan sekian dari banyaknya manfaat yang dapat kita rasakan dari kelompok belajar.

Satu dari sekian banyak kelompok belajar, mahasiswa Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) perlu diberikan acungan jempol, karena alangkah baiknya jika budaya belajar kelompok seperti ini terus dipertahankan dan banyak dilakukan dikalangan mahasiswa terlebih merupakan agent of change dan tunas bagi bangsa ini.

Membangun karakter mahasiswa seperti ini merupakan tantangan yang cukup besar bagi bangsa kita, jarang kita menemukan mahasiswa yang mau membagi waktunya hanya dengan sekedar belajar bersama atau sekedar share pengetahuan atau pengalaman mereka. Terkadang para mahasiswa belajar kelompok hanya karena mereka mendapatkan tugas dari dosen yang mengharuskan mereka membentuk kelompok.

Adalah Wahyu, winda, ika dkk. yang mempunyai semangat luar biasa dalam membentuk kelompok belajar tersebut. Selain terbuka bagi mahasiswa lain untuk ikut bergabung. Kelompok belajar ini juga dkemas dengan santai.

Belajar kelompok ini tidak sekedar menanyakan kesulitan yang didapat dari mata kuliah saja. Tapi, meskipun bukan waktunya mata kuliah tersebut diujikan mereka tetap belajar bersama. Tak tanggung-taggung mereka belajar mata kuliah yang cukup sulit dimengerti bila tidak benar-benar diperhatikan, seperti psikometri, ilmu yang mempelajari tentang alat ukur dalam psikologi ini, harus dengan konsep-konsep yang harus dipahami bukan hanya sekedar hitung-menghitung soal, karena konsep jauh lebih penting daripada hanya sekedar menghitung memakai rumus.

“Saya sudah ikut dari semester 1 ketika mengambil mata kuliah statistika 1” ucap wahyu saat di temui di Hall kampus 1 yang sedang belajar bersama mahasiswa lain (21/04/2012). Mata kuliah psikometri ini akan diujikan pada hari Senin, 23 April 2012 jam 08.00 WIB. Cara seseorang belajar sangat bermacam-macam karena itu diskusi ini bisa dijadikan salah satu alternative bagi mahasiswa yang terkadang kurang mengerti belajar di dalam kelas. (Hy)