Psychology Community and Peace

Kuliah umum Fakultas Psikologi UAD kembali digelar pada 19 April 2017, bertempat di Islamic Center  kampus 4 UAD. Pada kesempatan kali ini  kuliah umum diisi oleh salah seorang profesor sekaligus dosen dari Institute for Social and Health Seciences of South Afrika  yaitu Prof Mohammed Seedat. Kuliah umum kali ini di hadiri oleh segenap jajaran civitas akademika mulai dari S1, S2 maupun Magister Profesi dan beberapa perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan oleh wakil rektor 4  dan beberapa persembahan dari mahasiswi exchange yang menyanyikan lagu kebangsaan yaitu Indonesia raya. Berlanjut ke acara inti yaitu kuliah umum yang disampaikan oleh Professor Muhammed Seedat yang didampingi oleh ibu Ufi Faturahmah, M. Psi sebagai moderator.

Dengan mengangkat tema Psychology Community and Peace, profesor asal Afrika ini menerangkan asal mula psikologi mulai memasuki tanah Afrika yang mayoritas penduduknya adalah kaum kulit putih. Selain itu Prof Seedat juga menjelaskan berkembangnya psikologi dan  perannya dalam membangun perdamaian didaerah-daerah bagian  Afrika Selatan.

Selain itu Prof. Seedat juga sangat mengapresiasi budaya yang ada di UAD,” Tradisi disini sangat baik menempatkan Al- Quran sebelum lagu kebangsaan, islam sangat menjunjung tinggi perdamaian dengan ucapan salam setiap kali bertemu satu sama lain”.

Beliau juga berpesan bahwa,”perdamaian bukan hanya tidak ada perang, tetapi juga dalam  semua aspek kehidupan, perdamaian akan tercipta jika semua orang mendapatkan hal yang sama rata antara satu dan lainnya”.