Road Safety and Human Behaviour

Fakultas Psikologi UAD kembali berkesempatan mendapatkan kuliah dosen tamu dari University Malaysia Pahang yaitu Dr. Sulistyo Arianto (6/4/2017). Bertempat  di ruang SG 1.1.108 kampus 1 UAD, Dr. Sulistyo kali ini mengisi mata kuliah Biopsikologi yang di ikuti 100 mahasiswa angkatan 2016 dari kelas A, B, dan C.

Mengangkat tema road safety and human behaviour, Sulistyo menerangkan tentang faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas  mulai dari yang sederhana  sampai dengan yang komplek. Selain itu  ia juga memaparkan data negara-negara  dengan  kasus kecelakaan lalu lintas tertinggi sampai dengan yang terendah. Lulusan dari  Universitas Gadjah Mada  ini, juga menjelaskan berbagai macam kebiasaan orang  pada umumnya yang mengakibatkan kecelakaan saat berlalu lintas.

“Angka kecelakaan lalu lintas sangat tinggi di Negara berkembang, kelalaian manusia itu sendiri adalah faktor tertinggi penyebab kecelakaan dalam berlalu lintas hingga mencapai angka 94%. Jika kita bisa berdisiplin dalam berlalu lintas kita pasti bisa mencegah atau mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi” Dr. Sulistyo Arianto dosen  University Malaysia Pahang.