Artis Ninik L Karim Isi Kuliah Umum Psikologi Komunitas

img-20161016-wa0043Bertempat di Auditorium Kampus I UAD, pada  tanggal 16 Oktober 2016 diselenggarakan Kuliah Umum Psikologi Komunitas bagi mahaiswa S1 maupun Magister Profesi Psikologi. Kuliah Umum kali ini mengundang Niniek L Karim yang merupakan Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia sekaligus Pemain film senior. Sebelum acara kuliah umum, didahului dengan pemaparan dari Ikatan Psikologi Klinis (IPK) dalam rangka memperingati hari kesehatan mental sedunia yang disampaikan oleh Prima Wahalani, S. Psi, M. Kes, Psikolog.

Tema yang di angkat adalah mengenai Appreciative Inquairy yang dimaknai sebagai sebuah penggalian dan pengasahan diri yang dapat memberi ruh pada kehidupan dan lingkungan. Sebagai sebuah metode pemberdayaan ‘diri’-‘keluarga’-‘organisasi’-‘daerah’ secara mandiri, metode ini menebarkan spirit positif agar tiap manusia bersedia dan berhasil menggali dan menemukan kekuatan diri beserta lingkungannya. Harapannya metode ini bisa mengantarkan manusia Indonesia agar sadar, tidak ingin, dan tidak perlu menjadi ‘pengemis’.

Membuat masyarakat berdaya merupakan tujuan utama dari kerja psikologi komunitas. Pemberdayaan yang dikembangkan dalam metode ini mencoba melihat sisi positif dari dalam diri individu dimulai dari pekiran positif yang menjadikan perasaan positif sehingga melahirkan perilaku yang positif. Dengan mengembangkan sikap positif dari keberhasilan masa lalu dan melibatkan semua pemangku kepentingan dapat menyuburkan dialog positif yang merangsang kreatifitas sehingga mempercepat perubahan ke arah yang lebih baik. Pendekatan appreciate inquiry dapat menjadi pendekatan yang sangat dibutuhkan oleh bangsa ini agar dapat mandiri dengan memaksimalkan sumber daya dan potensi yang ada.

Selain kuliah umum, juga diselenggarakan layanan konseling gratis kerjasama dari IPK DIY dengan Fakultas Psikologi UAD sebagai bentuk kepedulian psikolog terhadap kesehatan mental masyarakat, khususnya mahasiswa UAD. (Dessy Pranungsari, S. Psi, M. Psi, psikolog)