DOSEN PSIKOLOGI UAD BERI PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH DI PULAU BANGKA BELITUNG

(29/11/2017). Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si., dosen Fakultas Psikologi UAD diundang ke Pulau Bangka sebagai narasumber untuk memberikan pelatihan karya tulis ilmiah untuk publikasi yang diadakan oleh Jurusan Tarbiyah STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Acara dilaksanakan bertempat di rektorat lantai II yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua III STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Babel Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. Fatwa Tentama merupakan salah satu penulis profesional yang dimiliki Indonesia yang menjadi reviewer Jurnal terakreditasi Humanitas, Jurnal KesMas dan Journal of Educational, Heath and Community Psychology (JEHCP) dengan berbagai pengalaman publikasinya di tingkat nasional dan internasionalnya.

Pelatihan  ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam membuat karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya dalam sebuah jurnal. Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si dalam materi pertamanya mengawali dengan memberikan motivasi menulis kepada peserta, mengenai bagaimana memulai menulis karya tulis ilmiah. ”Menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya adalah salah satu cara kita mengamalkan ilmu yang kita miliki kepada masyarakat luas sebagai amal jariyah, dengan menulis karya ilmiah kita juga dapat mempresentasikan karya kita diberbagai daerah dan berbagai negara melalui publikasi Ilmiah” tutur Fatwa. Materi kedua yang diberikan berupa bagaimana menulis artikel ilmiah yang terdiri dari Introduction, Method, Results, and Discussion (IMRaD). Selain itu juga diberikan materi menulis esai akademik yang biasa dilakukan mahasiswa dalam mengikuti berbagai lomba atau olimpiade.

Tuntutan mahasiswa untuk dapat menulis dan mempublikasikan artikel ilmiahnya pada jurnal nasional dan internasional tentunya memiliki banyak manfaat selain untuk memenuhi tuntutan sebagai syarat kelulusan juga dapat menunjukkan kompetensi dan profesionalisme profesinya sebagai mahasiswa dan memberikan kontribusi kepada lembaga atau kampus dan negara, dan kontribusi itu bisa dilakukan dengan publikasi karya tulis ilmiah. (Des)