Dosen Psikologi Workshop E-learning untuk Tingkatkan Efektivitas Mengajar

e learning

Menjadi Dosen yang mahir menggunakan berbagai macam media dalam proses pembelajaran merupakan tuntutan setiap dosen di Universitas Ahmad Dahlan. Untuk itulah, pada Sabtu 12/03/2016 bertempat di Ruang sidang utama kampus 1 UAD,  Fakultas Psikologi mengadakan Workshop E-Learning. Hadir sebagai narasumber yaitu  Eko Aribowo, S.T., M. Kom yang dengan penuh kesabaran membimbing selama workshop berlangsung.

Pembelajaran menggunakan e-learning di lingkungan kampus UAD sebenarnya cukup mudah, karena sudah tersedianya LMS UAD yang bisa diakses dosen dan mahasiswa melalui elearning.uad.ac.id.  Bentuk perkuliahan yang bisa dilakukan antara lain Full e-learning (12 dari 14 pertemuan), hybrid/blended learning (6/7 dari 14 pertemuan), pengganti kuliah (maks 3 kali kuliah), enrichment (pengayaan).

Melalui e-learning, dosen dan mahasiswa sangat dimudahkan dalam proses perkuliahan karena dapat dilakukan di luar kelas dan dimanapun mahasiswa berada selama terkoneksi dengan jaringan internet. Pemberian tugas, materi, dan referensi lainnya juga dapat di upload menggunakan sarana yang sudah disediakan. Aktivitas mengajar pun dapat terekam oleh sistem sehingga memudahkan dosen dalam melihat keaktifan mahasiswa.

“Meskipun bagi fakultas psikologi penerapan e-learning ini masih sangat terbatas, harapannya ke depan banyak dosen yang memanfaatkan fasilitas ini untuk keefektivan proses pembelajaran di Fakultas Psikologi”, ungkap Dessy sebagai salah satu dosen Fakulttas Psikologi.