FAKULTAS PSIKOLOGI ADAKAN WORKSHOP “PENGAYAAN KONSTRUKSI ALAT UKUR DAN ANALISIS KUANTITATIF”

img-20161026-wa0022 img-20161027-wa0011

Bertempat di Ruang Sidang Utama Kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan, selama dua hari pada 26-27 Oktober 2016 diselenggarakan workshop Pengayaan konstruksi alat ukur dan analisis kuantitatif yang diikuti oleh dosen-dosen dari beberapa universitas di Yogyakarta. Workshop yang bertujuan untuk menambah pengetahuan sekaligus menyamakan persepsi mengenai konstruksi alat ukur dan analisis kuantitatif ini menghadirkan narasumber oleh Prof. Dr. Saifuddin Azwar,M.A,  Prof. Asmadi Alsa, S.U., dan Galang Lufityanto, M. Psi, Ph.D.

 Workshop yang dipandu oleh Aulia, M.Psi, dan Unggul HNU, M.Si mendapat antusias dari peserta. Banyak kebingunan mengenai konstruksi alat ukur dan analisis data kuantitatif yang ternyata selama ini dianggap benar sehingga selalu muncul dalam skripsi dan thesis mahasiswa padahal keliru. Dalam workshop kali ini juga dipraktekkan bersama bagaimana membuat alat ukur yang tepat termasuk menganalisis data menggunakan SPSS. Terakhir Galang Lufityanto, M. Psi, Ph.D memberikan pengetahuan baru mengenai penelitian psikologi eksperimen yang saat ini masih jarang dilakukan. Pemaparan yang menarik dari narasumber membuat peserta semakin senang, ditunjukkan dengan penambahan jam workshop karena merasa masih banyak yang harus didiskusikan.

“Alhamdulillah, dengan mengikuti workshop ini jadi lebih memahami konsep dasar pengukuran dan analisisnya. Ketika meneliti dan membimbing mahasiswa menjadi tidak bingung lagi”, ungkap Aisyah salah satu peserta workshop. (Des)