Mahasiswa Psikologi Ikuti Youth Camp Anti Corruption

img-20161109-wa0017Kali ini kabar dari bidang non akademik kembali muncul di mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, pasalnya salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2016 berhasil mengikuti sebuah event bergengsi dalam skala nasional yaitu Youth Camp Anti Corruption yang digelar oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) di Kota Sabang. Mahasiswi yang berhasil mewakili Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan adalah Andi Lutfiah Nada Sabila (2016).

Nada mengikuti program ini secara gratis mulai dari tanggal 17-30 Oktober 2016 di Sabang. Delegasi-delegasi terpilih dari seluruh Indonesia yang berhasil mengikuti Camp ini adalah 40 anak muda terbaik dari 80 pendaftar di seluruh indonesia. Proses seleksi yang dilakukan yaitu dengan seleksi administrasi dan mengirimkan karya tulis ilmiah berupa esai 500 kata dengan tema Peran Anak Muda dalam Perubahan Sosial.

Pada awal kegiatan di tiga hari pertama digelarlah seminar yang diisi oleh wali kota Sabang dan berbagai pembicara lainnya. Setelah itu seluruh peserta yang terdiri dari pada delegasi terpilih dan peserta undangan dari KPK, diminta untuk melakukan pengabdian masyarakat ke desa-desa kecil di Sabang. Pengabdian masyarakat kali ini mengharuskan peserta untuk membuat sebuah gagasan ide atau sebuah program yang dapat diaplikasikan secara langsung dalam masyarakat dengan berkelompok. Tim yang digawangi oleh Nada beserta rekan-rekannya yang lain memberikan tiga buah program yaitu Bank Sampah, Telemedia, dan Komunitas Duta Remaja Peduli Sabang.

Suka duka pun Nada rasakan ketika mengikuti camp ini, meskipun Nada harus mengikuti UTS susulan karena mengikuti Camp Nasional, hal ini tidak membuat mahasiswi angkatan 2016 ini patah semangat

“Melalui event ini saya bisa berteman dan bertemu dengan orang dengan banyak karakter yang lebih bervariasi, menambah pengalaman menjadi lebih banyak, dan melalui kegiatan ini saya juga diajak untuk berpikir kritis mengenai masalah korupsi di Indonesia” Kata Nada.

Selain menuturkan kesannya setelah mengikuti acara yang luar biasa ini, Nada juga menyampaikan harapan-harapannya setelah mengikuti Camp ini dan menjadi Alumni yang disebut sebagai Angkatan Perubahan II.

 “Saya berharap semoga bisa mengembangkan program yang berada dibawah KPK dan mengabdi serta bisa berkonstribusi lebih banyak untuk masyarakat Indonesia”

Semakin banyaknya jumlah Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan yang dapat aktif mengikuti berbagai kegiatan baik di lingkup universitas, regional, hingga nasional dalam berbagai bidang seperti non akademik ini diharapkan mampu mengasah soft skill yang dimiliki para mahasiswa yang kelak nantinya akan dapat diaplikasikan ke masyarakat.