Kunjungan Fakultas Psikologi UNJ

Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan mendapat kunjungan dari Fakultas Psikologi Universitas Negri Jakarta (18/10/2018). Bertempat diruang 106 Kampus 1 UAD, studi banding ini merupakan yang pertama kalinya untuk Fakultas Psikologi UAD dan UNJ. Studi banding kali ini membahas tentang bagaimana cara pendirian Program Studi S2 dan tentang Jurnal Humanitas yang dimiliki Psikologi UAD.  Pihak UNJ sendiri membawa 27 personilnya yang merupakan pejabat dekanat sekaligus bagian tata usaha serta pengurus perpustakaan.

Selain berbagi informasi tentang 2 topik besar pembahasan, studi banding ini juga merupakan ajang silaturahmi antar keduanya. Meskipun status universitas yang membedakan antara Negri dan Swasta, namun Dekan Fakultas Psikologi UNJ mengaku senang dan berterima kasih, “Orang belajar bisa dimana saja, sehingga tidak melihat status Negri maupun Swasta. Harapanya kami bisa belajar tentang cara pendirian S2 dan tentang jurnal Humanitas milik UAD”.  Fakultas psikologi UNJ sendiri baru berdiri sendiri sebagai Fakultas selama 2 tahun terakhir. Sebelumnya Fakultas ini masih dibawah naungan fakultas pendidikan UNJ.

UAD sendiri menerima SK tentang pembukaan program studi S2 Magister pada tahun 2006 berbarengan dengan SK milik UII. Untuk SK S2 sendiri dahulunya belum ada pembedaan antara Sains dan profesi, sehingga cukup dengan satu SK saja. Meskipun demikian, harus ada syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti jumlah dosen dengan gelar S3 dll. Sedangkan untuk S1 pengajuan SK pendirianya mulai pada tahun 1995 dan mulai membuka program S1 pada tahun 1996.

“Saya ucapkan selamat datang di Fakultas Psikologi UAD, Kami merasa tersanjung dengan adanya kunjungan ini.  Khususnya bapak-bapak dan ibu-ibu datang dari Universitas yang namanya sudah cukup dikenal oleh banyak orang.  kami juga meminta maaf bila dalam penyambutan ini kami kurang dalam berbagai hal”. Faridah Ainur Rohmah S.Psi, M.Psi Psikolog, Wakil Dekan Psikologi UAD.