Pelatihan Karya Tulis Ilmiah : Kita Millenials, Kita Menulis

 

Karya tulis ilmiah selalu menjadi suatu hal yang penting bagi mahasiswa, pasalnya kemampuan ini akan terus digunakan untuk berbagai macam keperluan salah satunya tugas akhir yaitu skripsi. Mengingat akan pentingnya hal ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi, mengadakan pelatihan karya tulis ilmiah, minggu 14 oktober 2018. Pelatihan ini diselenggakan di Ruang Sidang Kampus 1 UAD dengan mendatangkan 2 orang pemateri yang berpengalaman dibidangnya. Dua orang pemantik yaitu Dr Fatwa Tentama M.Si dosen Fakultas Psikologi UAD  dan Miftahus Sa’adah S.Psi yang juga merupakan alumni dari Fakultas Psikologi UAD, serta juara satu lomba essai tingkat nasional di Universitas Negri Malang. Pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa mampu meningkatkan softskill dan capabilitas mahasiswa di bidang kepenulisan karya ilmiah.

Mengusung tema “ Kita Millenials, Kita Menulis”, pelatihan dan workshop ini diikuti 55 peserta dari berbagai angkatan.  Acara ini dimulai dengan workshop  dan dilanjutkan dengan pelatihan. Pada pelatihan ini peserta hanya dibimbing bagaimana cara  membuat sebuah kerangka karya ilmiah, yang nantinya bisa diteruskan menjadi karya tulis ilmiah dan mampu bersaing diberbagai ajang lomba. Follow up dari  diadakanya acara ini adalah, nantinya diharapkan peserta mau dan mampu bersaing dilomba Psychomunity. Psychomunity sendiri merupakan lomba essai  tingkat nasional yang diselenggarakan oleh BEM  Fakultas Psikologi UAD pada bulan Desember 2018.

“Sebagai Mahasiswa  sudah sepatutnya kita untuk terus mengasah kemapuan kita dalam hal karya tulis ilmiah. Kemajuan teknologi membuat kita semakin mudah untuk mengakses informasi namun hal itu tidak menyurutkan niat kita untuk terus berkarya terutama melalui tulisan” . Muhammad Andrianto Kabid Keilmuan BEM F Psikologi.