Mahasiswa Psikologi Berkontribusi dengan You Can Indonesia

Mahasiswi fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan kembali menunjukan kontribusinya untuk  Indonesia karena telah berhasil mengikuti program “You Can Empowerment” yaitu program pemberdayaan masyarakat di daerah-daerah terpencil Indonesia. You Can Indonesia (Youth Center to Act for Nation) adalah sebuah organisasi  pemuda yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dikalangan anak muda akan pentingnya peran mereka bergerak untuk bangsa dan lingkungan.

Mahasiswa Psikologi yang terpili mengikuti You Can Indonesia kali ini adalah Dhiani Indri Sira (2015). Gadis yang biasa dipanggil Hana ini bertugas di Pulau Sanoek Raja Ampat Papua. Hana harus melalui beberapa seleksi administrasi hingga wawancara dan bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya. Pada kesempatan ini Hana berangkat dengan 15 orang lainnya dan ia mengambil bidang pendidikan.

Detail kegiatan pengabdian ini di mulai pada tanggal 21-27 Februari 2017. Pada tanggal 21-23 Hana dan volunteer berkesempatan untuk melakukan perkenalan di SDN 1 Sanoek dan SMPN 1 Sanoek sekaligus bertemu dengan guru-guru disana. Tanggal 24 adalah kegiatan di dalam kelas 1, 5, dan 6 dengan tema nasionalisme.Tanggal 25  kegiatan di kelas 2 dan 5 Hana berkesempatan memasuki kelas inspirasi dengan memberikan motivasi-motivasi untuk anak-anak SD dan ditutup dengan kegiatan PHBS (Pelatihan Hidup Bersih dan Sehat). Pada hari terakhir yaitu tanggal 26-27 adalah kegiatan masyarakat yang digagas oleh Relawan You Can Empowerment dari bidang ekonomi dan kesehatan.

Hana menuturkan bahwa motivasinya mengikuti kegiatan ini adalah keinginan besarnya memberikan kontribusi untuk daerah asalnya, mahasiswa asal Merauke ini berkeinginan setelah menyelesaikan studinya ia harus kembali ke daerah asalnya. Di Raja Ampat Hana juga melihat potensi-potensi seni luar biasa yang dimiliki anak-anak disana hanya saja sayangnya keterbatasan fasilitas membuat pulau bagian timur Indonesia itu belum mampu berkembang maksimal.