Mahasiswa Psikologi Jalin Kerjasama dengan University of Thaksin Thailand

IMG-20160805-WA0009Tuntutan berpikir global berdasarkan isu-isu yang sedang menjadi fokus perbincangan dunia internasional telah menjadi kebutuhan untuk mengembangkan pengetahuan dalam berbagai disiplin ilmu, tak kecuali dalam bidang psikologi. Pada Agustus 2016 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan mengadakan JISPOS 2016 (Joint Internastional Seminar on Psychology of Sains). JISPOS adalah bentuk kerjasama antara UAD dengan University of Thaksin Thailand untuk mengelar seminar interasional. Seminar ini akan mendiskusikan tentang isu sumber daya manusia di era masyarakat ekonomi asean. Dengan tema yang telah diusung adalah Human Resources Improvement in the Current Asean Economic Community through a Psychological Perspective.

Pada seminar kali ini penggagas uutamanya adalah mahasiswa S2 Psikologi UAD. Seminar ini sendiri akan digelar pada tanggal 8 agustus 2016, namun akan ada beberapa rangkaian kegiatan seperti kunjungan ke Vittaya School, City Tour ke Songkhla Thailand dan Penang Malaysia. Sehingga seluruh rangkaian kegiatan akan dimulai pada tanggal 6-11 Agustus 2016.

“Alasan penyelenggaraan kerjasama melalui JISPOS, menurut kami karena lulusan UAD perlu meningkatkan daya saing melalui media penulisan karya tulis ilmiah. Selain itu, mahasiswa Indonesia perlu mempunyai kepekaan terhadap berbagai masalah ditingkat ASEAN.” Kata Ralin salah satu mahasiswa S2 yang menginisiasi kegiatan ini, pada saat pelepasan oleh rektor.

Wakil Rektor III Bpk. Fadil juga menjelaskan bahwa kegiatan semacam ini  sangat bermanfaat guna menambah rasa percaya diri mahasiswa UAD di kegiatan internasional dan akan meningkatkan proses studi mereka.  Rencananya ada 18 orang yang akan berangkat mengikuti kegiatan ini, dosen psikologi dua orang yaitu Bpk Hadi Suyono dan Bpk Fatwa Tentama serta lima mahasiswa S1, dan beberapa mahasiswa S2 Magister Sains Psikologi