Mengenal Lebih Dekat Abnormalitas Psikologi di RSJ Grashia

catsProses belajar mengajar tidak hanya monoton dengan duduk di dalam ruang kelas, namun mahasiswa harus dibekali dengan kompetensi dan orientasi untuk mengenal kondisi lapangan langsung sebelum terjun kedalam dunia kerja di masa depan. Pada kesempatan kali ini mahasiswa psikologi biasanya melakukan kerjasama dengan beberapa RSJ atau dinas sosial yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, kunjungan ini rutin diadakan setiap tahunnya pada beberapa mata kuliah,seperti Psikologi Klinis dan Psikologi Abnormal.

Pada tanggal 2 hingga 6 Agustus 2016 mahasiswa fakultas psikologi yang duduk di semester IV atau sedang mengambil mata kuliah psikologi abnormal melakukan kunjungan studi ke Rumah Sakit Jiwa Grashia. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai peran psikolog di Rumah sakit jiwa serta cara menanganinya, dalam melakukan kunjungan ini mahasiswa fakultas psikologi diajak berkeliling mengunjungi beberapa bangsal yang memiliki tingkat keparahan gangguan jiwa yang berbeda-beda.

Tidak hanya sekedar melihat dibeberapa bangsal, mahasiswa juga dibekali pengetahuan serta informasi intervensi yang tepat untuk masing-masing pasien seperti yang selama ini dilakukan oleh psikolog rumah sakit grashia.

“Kami senang dengan diadakannya kunjungan studi disini, sebagai mahasiswa kami biasanya hanya mendapatkan gambaran abstrak gangguan-gangguan psikologis melalui teori, namun dengan adanya kunjungan ini kami menjadi lebih mengetahui lebih dalam tentang gangguan jiwa yang selama ini kita pelajari di kuliah.” Jelas Riska salah satu mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah psikologi abnormal.

Dosen pengampu matakuliah juga mendampingi peserta melakukan kujungan studi berharap dengan kunjungan seperti ini, mahasiswa mampu mengetahui dan melihat langsung pasien-pasien yang mengalami gangguan jiwa. Sehingga output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu psikologi dengan lebih baik.