Psychology For Better Community
  • TENTANG KAMI
    • Visi Misi
    • Pimpinan Fakultas
    • Sejarah
    • Sarana dan Prasarana
    • Struktur Organisasi
    • Dosen Psikologi
    • Staf Kependidikan
    • Akreditasi
    • Alumni
  • AKADEMIK
    • Sarjana Psikologi
    • Pendidikan Profesi Psikologi
    • Magister Psikologi
    • Magister Psikologi Profesi
  • KERJASAMA
    • Kerjasama Luar Negeri
    • Kerjasama Dalam Negeri
    • Mitra
  • LAYANAN ONLINE
    • Layanan Dosen
    • Layanan Mahasiswa dan Alumni
    • Dokumen Akademik
  • LAYANAN PSIKOLOGI
    • Laboratorium Psikodiagnostika
    • Center for Community Empowerment (CCE)
    • Laboratorium Psikologi Terapan (LPT)
  • Menu Menu

Pendampingan Psikologis Terhadap Peserta Didik Kelas VI

Desember 2, 2022/in Magister Sains Berita, Magister Sains Prodamat/by wasito

Pendampingan Psikologis Terhadap Peserta Didik Kelas VI

Melihat fenomena menjelang UN sekolah dasar, siswa berusaha keras agar mereka dapat lulus UN dengan melakukan berbagai persiapan seperti mengikuti les tambahan atau ikut bimbingan belajar diluar sekolah agar lebih mendalami materi pelajaran yang nanti akan diujikan dan kesiapan diri yang dilakukan siswa agar lebih baik.

penyegaran untuk siswa kelas enam Sekolah Dasar dalam rangka menghadapi UN

Dalam persiapan menuju UN Pihak sekolah memberikan porsi belajar tambahan untuk peserta didik baik dengan mengadakan dikerjakan oleh peserta didik bimbingan belajar di luar proses pembelajaran di sekolah atau dengan memberikan soal-soal uji coba untuk dikerjakan oleh peserta didik. Program pemberdayaan yang diajukan dalam kegiatan ini berupa pendampingan tersusun secara sistematis dengan tujuan sebagai upaya untuk memberikan penyegaran serta menciptakan emosional yang positif pada peserta didik dalam proses menghadapi UN. Secara institusional, pihak sekolah bekerjasama dengan   berbagai  pihak dan  berupaya  memfasilitasi terkait   dengan  permasalahan siswa menghadapi UN (stres dan kejenuhan). Oleh karena itu secara institusi pihak sekolah sudah memberikan pendampingan tersendiri bersama dengan para guru-guru yang ada.  Namun belum pernah ada upaya secara khusus. Persiapan menuju UN Pihak sekolah memberikan porsi belajar tambahan untuk peserta didik baik dengan mengadakan bimbingan belajar di luar proses pembelajaran di sekolah.

Pendampingan ini bertujuan sebagai upaya untuk memberikan penyegaran serta menciptakan emosional yang positif pada peserta didik dalam proses menghadapi UN

Pihak-pihak yang terlibat dalam pendampingan

Pihak-pihak yang Dipertimbangkan untuk Implementasi Gagasan

  1. Para guru
  2. Siswa kelas VI
  3. Orangtua
  4. Masyarakat di sekitar siswa tinggal

Langkah-langkah Strategis untuk Implementasi

  • Proses kegiatan diawali dengan audiensi dengan pihak sekolah, guna untuk mendapatkan izin untuk melakukan kegiatan serta menjelaskan tujuan dan manfaat kegiatan
  • Identifikasi kondisi permasalahan siswa, kemudian mendiskusikan mengenai jadwal pelaksanaan
  • pertemuan bersama antara para mahasiswa magister psikologi UAD persama pihak sekolah untuk kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan.
  • Pelaksanakan kegiatan secara terstruktur dan sistematis dalam bentuk penyajian materi.

Peran pendamping untuk para siswa

Untuk menumbuhkan motivasi, maka guru harus :  (1) mendorong timbulnya motivasi belajar, (2) mengarahkan motivasi belajar guna mencapai tujuan dalam meraih hasil belajar suatu mata pelajaran, dan (3) memantapkan motivasi belajar agar dapat menjamin konsistensi perbuatan belajar siswanya, dengan adanya program pendampingan dan penyegaran sangat membantu dalam meningkatkan kesadaran berpikir positif. Inovasi harus dilakukan oleh pihak sekolah atau guru dapat mengurangi tingkat kejenuhan dan stress yang bisa menimpa para peserta didik, oleh karena itu perlunya pihak sekolah dan guru dapat bekerja sama dengan berbagai elemen untuk dapat memberikan hasil yang maksimal kepada peserta didik.

Lokasi Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangtengah Imogiri Bantul.

Memulai dengan bermain persepsi dapat mebuka cara berpikir, menyamakan persepsi antara para siswa, serta mengingatkan bahwa setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda dengan sudut pandang mereka sendiri.

Motivasi selalu harus diberikan kepada anak agar anak dapat memperjelas tujuan dan haranya dalam bersekolah sehingga anak dapat menemukan tujuan akhir ketika melalui proses belajar.

Share this entry
  • Share on Facebook
  • Share on Twitter
  • Share on LinkedIn
  • Share by Mail
https://fpsikologi.uad.ac.id/wp-content/uploads/2022/12/Bambang-Setyo-2.jpg 663 871 wasito https://fpsikologi.uad.ac.id/wp-content/uploads/2024/08/logo-psikologi-uad.png wasito2022-12-02 18:42:232023-11-18 09:38:03Pendampingan Psikologis Terhadap Peserta Didik Kelas VI

Post Terbaru

  • KULIAH TAMU PSIKOLOGI: BICANG SERU MEMBAHAS PELUANG DAN TANTANGAN GEN Z DALAM DUNIA KARIR SAAT INIMei 19, 2025 - 2:53 pm
  • UAD SELENGGARAKAN SOSIALISASI DAN PENGECEKAN ADMINISTRASI PROPOSAL PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM) INTERNAL 2025Mei 19, 2025 - 2:44 pm
  • Kegiatan Outbound Mahasiswa Baru Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Periode Semester Genap 2024: Meningkatkan Kapasitas dan Semangat Kolaborasi Mahasiswa BaruMei 1, 2025 - 8:19 pm

Instagram

Ikuti Kami!

Kampus 1

Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Kapas 9, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext. –
Layanan Akademik : WA (0882-3346-3544)
Faximille : 0274-564604
Email : info[at]psy.uad.ac.id

Informasi Tentang

Universitas Ahmad dahlan

Portal Akademik

Calon Mahasiswa

Jadwal Kuliah

Kuliah Online

Journal @UAD

Digital Library

Repository

Conference @UAD

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

PELATIHAN KOMUNIKASI TEMAN SEBAYAMahasiswa Pacasarjana Psikologi Sains UAD Melakukan Pengabdian kepada Masyarakat...
Scroll to top