Pendampingan Psikologis Terhadap Peserta Didik Kelas VI
Pendampingan Psikologis Terhadap Peserta Didik Kelas VI
Melihat fenomena menjelang UN sekolah dasar, siswa berusaha keras agar mereka dapat lulus UN dengan melakukan berbagai persiapan seperti mengikuti les tambahan atau ikut bimbingan belajar diluar sekolah agar lebih mendalami materi pelajaran yang nanti akan diujikan dan kesiapan diri yang dilakukan siswa agar lebih baik.
penyegaran untuk siswa kelas enam Sekolah Dasar dalam rangka menghadapi UN
Dalam persiapan menuju UN Pihak sekolah memberikan porsi belajar tambahan untuk peserta didik baik dengan mengadakan dikerjakan oleh peserta didik bimbingan belajar di luar proses pembelajaran di sekolah atau dengan memberikan soal-soal uji coba untuk dikerjakan oleh peserta didik. Program pemberdayaan yang diajukan dalam kegiatan ini berupa pendampingan tersusun secara sistematis dengan tujuan sebagai upaya untuk memberikan penyegaran serta menciptakan emosional yang positif pada peserta didik dalam proses menghadapi UN. Secara institusional, pihak sekolah bekerjasama dengan berbagai pihak dan berupaya memfasilitasi terkait dengan permasalahan siswa menghadapi UN (stres dan kejenuhan). Oleh karena itu secara institusi pihak sekolah sudah memberikan pendampingan tersendiri bersama dengan para guru-guru yang ada. Namun belum pernah ada upaya secara khusus. Persiapan menuju UN Pihak sekolah memberikan porsi belajar tambahan untuk peserta didik baik dengan mengadakan bimbingan belajar di luar proses pembelajaran di sekolah.
Pendampingan ini bertujuan sebagai upaya untuk memberikan penyegaran serta menciptakan emosional yang positif pada peserta didik dalam proses menghadapi UN
Pihak-pihak yang terlibat dalam pendampingan
Pihak-pihak yang Dipertimbangkan untuk Implementasi Gagasan
- Para guru
- Siswa kelas VI
- Orangtua
- Masyarakat di sekitar siswa tinggal
Langkah-langkah Strategis untuk Implementasi
- Proses kegiatan diawali dengan audiensi dengan pihak sekolah, guna untuk mendapatkan izin untuk melakukan kegiatan serta menjelaskan tujuan dan manfaat kegiatan
- Identifikasi kondisi permasalahan siswa, kemudian mendiskusikan mengenai jadwal pelaksanaan
- pertemuan bersama antara para mahasiswa magister psikologi UAD persama pihak sekolah untuk kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan.
- Pelaksanakan kegiatan secara terstruktur dan sistematis dalam bentuk penyajian materi.
Peran pendamping untuk para siswa
Untuk menumbuhkan motivasi, maka guru harus : (1) mendorong timbulnya motivasi belajar, (2) mengarahkan motivasi belajar guna mencapai tujuan dalam meraih hasil belajar suatu mata pelajaran, dan (3) memantapkan motivasi belajar agar dapat menjamin konsistensi perbuatan belajar siswanya, dengan adanya program pendampingan dan penyegaran sangat membantu dalam meningkatkan kesadaran berpikir positif. Inovasi harus dilakukan oleh pihak sekolah atau guru dapat mengurangi tingkat kejenuhan dan stress yang bisa menimpa para peserta didik, oleh karena itu perlunya pihak sekolah dan guru dapat bekerja sama dengan berbagai elemen untuk dapat memberikan hasil yang maksimal kepada peserta didik.
Lokasi Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangtengah Imogiri Bantul.
Memulai dengan bermain persepsi dapat mebuka cara berpikir, menyamakan persepsi antara para siswa, serta mengingatkan bahwa setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda dengan sudut pandang mereka sendiri.
Motivasi selalu harus diberikan kepada anak agar anak dapat memperjelas tujuan dan haranya dalam bersekolah sehingga anak dapat menemukan tujuan akhir ketika melalui proses belajar.