Psychology for Sustainable Development Goals

pcp PCP atau Psychology Career Planning kembali di gelar pada tanggal 10-11 Desember 2016. Acara ini diadakan oleh Biro Keilmuan BEMF Psikologi Universitas Ahmad Dahlan besamaan dengan serangkaian acara Psychomonth Fakultas Psikologi UAD yang ke 21. PCP kali ini mengangkat tema Phycology for Sustainable Development Goals tema ini diangkat karena dirasa mahasiswa juga perlu mengetahui isu perkembangan dunia Internasional, salah satunya tentang SDGs yaitu perkembangan berkelanjutan adalah salah satu program yang digagas oleh UNDP (United Nation Development Program) yaitu salah satu organisasi PBB yang berfokus untuk mensejahterakan negara-negara berkembang diseluruh dunia dengan 17 Goals dan 240 Indikator.

          PCP diawali dengan acara seminar nasional pada hari pertama yang diisi oleh pemateri-pemateri yang  ahli  di bidangnya,  di antaranya: Bpk. Dr.Seger Handoyo., Psikolog selaku ketua HIMPSI, Letkol Laut (KH) Bpk. Ary Yudha Kartika, M.psi., Psikolog selaku Psikolog di Dinas Psikologi Angkatan Laut, Ibu Elly Nur Hayati, MPH., PhD., Psi dosen UAD dan Bpk. Reza Indra Giri,P.Hd, Magister forensik pertama di Indonesia yang saat ini juga bekerja sebagai dosen psikologi di ilmu kepolisian, beliau juga merupakan saksi ahli dalam kasus kopi sianida.

Pembicara yang kredibel membuat para mahasiswa lebih tertarik untuk mengikuti rangkaian acara, karena mahasiswa dirasa bayak mendapatkan ilmu psikologi yang belum di dapatkan di kampus. Pada hari selanjutnya yaitu hari ke dua sekaligus hari terakhir dalam rangkaian acara PCP tahun ini, diisi dengan pelatihan. Pelatihan ini di bagi menjadi lima kelas yakni dua kelas untuk peserta yang memilih jurusan PIO (psikologi industri dan organisasi), satu kelas untuk jurusan  psikologi pendidikan, dan dua  kelas untuk jurusan  psikologi klinis. Sesi pelatihan dibimbing oleh dosen dan beberapa alumni Psikologi Universitas Ahmad Dahlan yang kompeten di bidangnya. Selain mendapatkan banyak ilmu dari para pembicara pada waktu seminar, peserta juga merasakan bagaimana bekerja di bidang yang mereka cita-citakan melalui pelatihan yang diberikan. Peserta yang mengikuti tidak hanya berasal Fakultas Psikologi Psikologi Universitas Ahmad Dahlan saja, melainkan juga dari berbagai fakultas  dan universitas di wilayah Yogyakarta.

Rupanya pembicara yang dihadirkan pada PCP tahun ini tidak hanya menarik bagi para mahasiswa namun juga menarik bagi para dosen, saat sesi seminar tampak Bapak Choirul Anam,M.Si , Ibu Faridah Ainur Rohmah,S.Psi., M.Si., Psi beserta para jajaran civitas akademika  Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan hadir dan antusias menyimak setiap materi yang disampaikan.

“PCP tahun ini sangat bagus, saya suka dengan semua pembicaranya ketika menyampaikan materi terutama, Bapak Reza Indragiri yang justru memberikan simulasi sidang dan mengajak peserta menjadi saksi ahli dalam sebuah persidangan. Lalu materi yang di sampaikan oleh bapak Ary Yudha juga sangat menarik karena selama ini kita belum pernah tahu bagaimana lapangan kerja yang ada di Dinas Psikologi Angkatan Laut. Bpk Seger Hadoyo juga memberikan pengentahuan mengenai bagaimana sebaiknya merancang karir sejak mahasiswa, Kemudian Bu Elly menyampaikan SDGs yang menarik karena itu termasuk hal baru yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Jadi mahasiswapun kami juga harus update pengetahuan baik dalam ranah perkembangan nasional maupun internasional.”  Tutur Rika mahasiswa Psikologi Psikologi Universitas Ahmad Dahlan ketika diwawancarai.