Tim Hexa Personality Wujudkan Kesejahteraan Psikologis Siswa saat Pembelajar Daring
Tim Hexa personality berhasil lolos dan mendapatkan hibah DIKTI dalam kegiatan PKM-PM (Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat). Tim hexa berisi Fatimah Azzahra, Ainun Zanjabila, Aldasya Devi, Dhea Alifia dari Fakultas Psikologi serta Muhammad Alrizki dari Prodi Sistem Informasi. Pembimbing PKM-PM ini adalah Dessy Pranungsari,M.Psi., Psi dosen fakultas psikologi UAD.
Pada Rabu 18/08/21 Tim Hexa melaksanakan kegiatan akhir dari PKM-PM UAD. Kegiatan berupa sosialisasi di SMAN 1 Ngemplak, setelah sebelumnya membuat dan menjalankan program selama kurang lebih 2 bulan. Tim Hexa memiliki tujuan untuk memberikan alternatif solusi agar siswa disekolah tersebut tetap mendapatkan kesejahteraan secara psikologis selama sekolah daring.
Peserta dalam program PKM-PM Tim hexa adalah kepala sekolah, guru Bk, perwakilan guru kelas, perwakilan orang tua, dan perwakilan siswa. Sebelumnya kelima mahasiswa tersebut telah melakukan beberapa program diantaranya psikoedukasi kepada guru BK dan guru wali kelas mengenai kesejahteraan psikologis, Pelatihan the hexa personality bagi siswa, Edukasi literasi mengenai kesejahteraan psikologi bagi orang tua, Promosi kesehatan melalui poster dan Instagram Sekolah tentang Kesejahteraan Psikologi.
Tim hexa juga menyerahkan beberapa produk PKM-PM, meliputi papan permainan the hexa personality, modul pelatihan the hexa personality sebagai panduan bagi guru BK, Modul psikoedukasi Kesejahteraan Psikologis bagi guru, Modul the hexa personality bagi siswa, booklet kesejahteraan psikologi bagi orang tua, poster dan flyer, serta launching game the hexa personality yang dapat dimainkan melalui gadget.
Karya unggulan tim hexa adalah papan permainan The hexa personality. Permainan ini berbentuk aplikasi game yang dapat dimainkan sebanyak 6 orang. Fatimah salah satu peserta PKM-PM menjelaskan bahwa permainan The hexa personality mengandung aspek self accaptenace, positive relation with other, autonomy, enviromental mastery, puspose in life, dan personal growth sebagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Diharapkan permainan ini dapat mengajak siswa memahami, merefleksi dan mengimplementasikan kesejahteraan psikologis diri.