Dosen Psikologi Adakan Workshop Psikologi Komunitas

IMG-20160430-WA0029

(30/4/2016) bertempat di Fakultas Psikologi UAD, diselenggarakan workshop Psikologi Komunitas bagi semua Dosen. Workshop kali ini mengundang Rahmat Hidayat, Ph.D sebagai dosen senior Fakultas Psikologi UGM. Workshop sehari ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dosen-dosen psikologi mengenai Psikologi Komunitas yang menjadi kekhasan Fakultas Psikologi UAD.

Komunitas sebagai kumpulan orang yang memiliki kesamaan sejarah, latar belakang kesukuan, budaya, wilayah dan minat tentu banyak ditemui di lingkungan masyarakat. Secara fitrah, manusia pun pada dasarnya saling bergantung satu sama lain dalam sebuah komunitas. Hal inilah yang mendasari dosen-dosen psikologi UAD merasa perlu memahami psikologi komunitas dalam penerapan keilmuan psikologi. Apalagi, sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah yang memiliki komunitas dari ranting hingga ke pusat tentu membutuhkan implementasi psikologi.

Pak Rahmat sebagai narasumber dalam workshop mencoba mengajak peserta menganalisis aplikasi psikologi komunitas dalam berbagai bidang psikologi seperti Bidang Psikologi Industri dan Organisasi, Bidang Pendidikan, Bidang Klinis, Bidang Sosial, dan Bidang Perkembangan. Melalui workshop ini peserta memahami bahwa penerapan psikologi komunitas begitu luas dan membawa manfaat yang sesuai dengan visi dan misi Fakultas Psikologi UAD.