Dosen Psikologi UAD berikan Workshop Penulisan Artikel Jurnal bagi Guru-guru di Yogyakarta

IMG_0808

Sabtu dan Rabu tanggal 30 April dan 4 Mei 2016, Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si., dosen Fakultas Psikologi UAD diundang sebagai narasumber untuk memberikan  pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi Jurnal yang diadakan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UAD. Prodi BK FKIP mengundang narasumber Fatwa Tentama karena merupakan mitra bebestari Jurnal Humanitas dan board of reviewer Journal of Educational, Heath and Community Psychology (JEHCP) dengan berbagai pengalaman publikasi nasional dan internasionalnya.  Workshop diikuti oleh guru-guru dari 30 SMP dan SMA di Yogyakarta.  Pelatihan diadakan selama dua hari yang bertempat di ruang Multimedia kampus 2 UAD dan di ruang sidang kampus 2 Unit B (Sargede) UAD.

Workshop ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya dalam sebuah jurnal. Hari pertama guru-guru diberikan materi berupa pengetahuan mengenai penelitian dan materi penulisan artikel ilmiah beserta tata cara penulisannya. Kemudian guru diberi waktu selama satu minggu untuk membuat artikel ilmiah yang dipresentasikan dan di review di hari kedua.

“ Menulis artikel ilmiah dalam jurnal tidaklah mudah dilakukan tetapi akan menjadi mudah kalau kita mempunyai syarat utamanya yaitu ada kemauan, pengetahuan dan kemampuan yang ketiganya saling terkait yang diawali dari proses saling belajar di workshop ini untuk memiliki ketiga hal tersebut” tutur Fatwa Tentama.

Tuntutan guru untuk dapat menulis dan mempublikasikan artikel ilmiahnya pada jurnal tertentu tentunya memiliki banyak manfaat selain menunjukkan kompetensi dan profesionalisme profesinya sebagai guru dapat bermanfaat pula seperti bermanfaat untuk kenaikan pangkat atau jabatan guru, menunjang prestasi dan eksistensi diri guru. (Des)