Experiential Learning dan Observasi Studi Lapangan

IMG-20160418-WA0013Pembelajaran tak selamanya identik dengan ruang kelas. Proses pembelajaran akan lebih efektif apabila mahasiswa mengetahui dan terjun kelapangan secara langsung. Berawal dari mentradisikan experiential learning ini Fakultas Psikologi Universitas Ahamad Dahlan berinisiatif mengadakan studi lapangan untuk mahasiswa. Studi lapangan kali ini spesial untuk mata kuliah Observasi yang kebanyakan sedang diambil mahasiswa angkatan 2013 dan beberapa mahasiswa angkatan 2014. Studi lapangan ini di dampingi oleh 14 dosen psikologi untuk menjaga dan memantau antusias mahasiswa selama jalannya kegiatan.

Studi lapangan yang di selenggarakan pada tanggal 21 Maret 2016 ini memiliki tiga destinasi utama yaitu Solo Sragen, Semarang, dan Malang Jawa Timur. Mahasiswa yang memilih tujuan Solo dan Sragen mengunjungi PT. SRITEX dan sekolah SBBS (Sragen Bilingual Boarding School). Mahasiswa yang memilih Semarang mengunjungi Sekolah ABK Pak Ciptono dan PT. Cimory. Sedangkan mahasiswa tujuan malang mengunjungi tempat pembutan ice cream Campina dan dinas Psikologi Angkatan Laut.

Kunjungan kali ini tidak hanya sekedar kunjungan biasa namun seluruh mahasiswa diharuskan melakukan tugas observasi pada setiap tempat destinasi. Diharapkan dengan adanya studi lapangan seperti ini mahasiswa Psikologi Universitas Ahmad Dahlan dapat memperoleh ilmu baru tidak hanya sekedar dari dalam kelas, membuka wawasan dengan melihat, mengamati, dan mengobservasi langsung bagaimana dunia kerja di lapangan dan seperti apa implementasi bidang ilmu psikologi di dalamnya.

“Kunjungan seperti ini sangat bermanfaat, kami yang sebelumnya belum tahu apa-apa menjadi tahu ternyata seperti ini implementasiilmu psikologi kita. Selama ini memang tak cukup bila hanya belajar teori saja tanpa terjun ke lapangan langsung. Semoga studi lapangan seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya dengan destinasi yang berbeda-beda.” Kata Rahimah salah satu peserta studi lapangan ke Semarang Jawa Tengah.

Layaknya kata pepatah “Experience is the best teacher” pengalaman adalah guru terbaik, karena di setiap pengalaman pasti akan mendapatkan pembelajaran baru, maka setiap perjalanan akan memberikan sebuah pengalaman baru pula. Perjalanan yang ditempuh, pengalaman yang diperoleh mahasiswa selaras dengan pembelajaran baru yang diperoleh dari setiap lokasi pada studi lapangan kali ini. Have a nice trip, have a good experience.