Fakultas Psikologi UAD Meraih Juara 1 dan 2 Psycopaper APSI-PTMA

Acara puncak APSI-PTMA 2021. Pada 12/06/21 seminar nasional dan pekan inovasi APSI-PTMA menggambil tema “Optimalisasi kesehatan mental untuk masyarakat yang berkemajuan”. Dilaksanakan menggunakan media Zoom dan Live Yoautube. Pekan inovasi APSI-PTMA terdiri dari lima perlombaan yaitu psycophoto, psycoposter, psycoopaper, psycovidio dan storytelling. Diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 psikologi APSI-PTMA.

Dewi Andira Wahyudi dan Nadia Afina Z bersama tim. mereka sukses mengharumkan nama Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam lomba pekan inovasi APSI-PTMA. Dari total 22 tim yang mengikuti perlombaan tersebut. Dewi bersama timnya sukses membawa juara 1 dan Nadia bersama Timnya mendapat juara 2.

Tim Dewi Andira Wahyudi beranggotakan Alfareda Fatya, Shafira N. Mengangkat paper dengan judul “Efektivitas Peningkatan Literasi Kesehatan Mental dalam Mengurangi Stigma pada Penggunaan Layanan Kesehatan Mental di Indonesia”. Selain cocok dengan tema yang diusung Dewi biasa ia disapa menjelaskan bahwa “Stigma hingga saat ini masih terus terjadi dalam dunia sehari-hari”.

“Mindfulness: Meningkatkan Kesejahteraan Psikologi Remaja pada Khasus Perbandingan Sosial” adalah judul paper dari Nadia Alfina Z dan Lailaturahmah M A.  Dalam wawancara via Wthsapp Nadia sebagai ketua tim menjelaskan bahwa paper ini selain untuk dilombakan juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari meraka.

Kedua tim ini kompak berpendapat bahwa kemenangan yang mereka raih tidak ditargetkan. “ Saya mengikuti perlombaan ini awalnya hanya ingin mencoba peluang yang ada. Saya menikamati setiap perosesnya” tutur Nadia. Sementara Dewi “Kaget karena tim kami sempat mengalami kendala waktu dalam proses diskusi pembuatan paper ini. tapi alhamdulillah kami berhasil dan menjadi jauara satu”.