Kunjungan University of Saint Antony Filiphina

Kunjungan USA 2

Universitas Ahmad Dahlan tak lama kemarin pada tanggal 18 Januari 2016 mendapatkan kunjungan dari University of Saint Antony Filipina. Kunjungan ini menindaklanjuti kerjasama yang telah di bangun oleh Universitas Ahmad Dahlan pada 2014. Bentuk kerjasama yang di bangun yaitu program magang dari mahasiswa University of Saint Antony ke UAD yang tersebar di beberapa fakultas yaitu FTI, FKIP dan FSBK. Tetapi pada kunjungan kali ini Fakltas Psikologi juga berhasil mengambil peluang untuk menjalin kerjasama dengan University of Saint Antony.

Pada kesempatan yang sama Dekan Fakutas Art and Social Science University of Saint Antony Filiphina Mrs. Esrrella T. Arroyo dan Mr. Mark Philip Paderan melakukan diskusi dengan pihak dekanat Fakultas psikologi UAD. Dekan fakultas Art and Social Science University of Saint Antony tersebut berkesempatan mengunjungi Fakultas Psikologi UAD untuk menindaklanjuti Mou yang telah di bangun sebelumnya, tentang akan diadakannya International Conference on Culture Comunication and Technology (ICON C MATE) yang akan di selenggaran pada bulan agustus di Filiphina. Dimana pihak University of Saint Antony akan melibatkan dosen psikologi Universitas Ahmad Dahlan pada kepanitiaan ICONCMATE.

Keterlibatan aktif dalam penyelenggaraan konferensi internasional dan menjadi bagian dari kepanitiaan di negeri tetangga di harapkan akan mengukuhkan kerjasama antara Universitas Ahmad Dahlan khususnya Fakultas Psikologi dengan universitas-universitas lain di luar negeri. Sehingga keduanya mampu memberikan feedback positif satu sama lain untuk mengupdate kekayaan intelektual antar akademisi.

Kita mempunyai ide supaya ada makalah dari dosen psikologi UAD yang bisa masuk di jurnal internasional nantinya yang akan dibantu oleh Mrs. Esrrella T. Arroyo.” Harapan yang disampaikan Pak Choirul Anam selaku dekan Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Tak hanya diskusi yang dilakukan oleh para tamu dari Negeri Lumbung Padi tersebut, tetapi juga mengunjungi Laboratorium Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. University of Saint Antony memang memiliki program studi psikologi namun baru pada tingkat strata satu saja, oleh sebab itu Dekan Fakultas Art and Social Science terkesan dengan Laboratorium yang dimiliki oleh S1 dan S2 Psikologi UAD. Beberapa alat peraga terapi sempat dipraktekkan, termasuk merasakan relaksasi di ruaang konseling. Beliau menginginkan apabila ada mahasiswa University of Saint Antony mampu melanjutkan S2 di Psikologi Universitas Ahmad Dahlan di tahun kedepan nantinya, begitupun sebaliknya.