Launching Clinic for Community Empowerment

1471232180994Dinamika kehidupan sebuah bangsa yang penuh dengan problematika besar yang mampu mempengaruhi kehidupan masyarakat dan menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah-masalah psikologis. Selama ini masalah-masalah psikologi hanya concern di tangani secara individual, namun sebenarnya hal tersebut juga memerlukan penanganan pada tingkat komunitas. Berdasarkan keprihatinan tersebut Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan menginisiasi terciptanya klinik psikologi yang diberi nama Clinic for Community Empowerment (CCE).

Peresmian klinik telah dilakukan oleh Bapak Dr. Kasiyarno selaku rektor Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 15 Agustus 2016 dengan mengundang beberapa wartawan dari berbagi media masa. Clinic for Community Empowerment (CCE) merupakan bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat  yang berfokus untuk memberikan layanan psikologi berbasis komunitas sosial masyarakat.  Rektor menyampaikan harapannya bila proyek Clinic for Community Empowerment (CCE) ini berhasil CCE akan menjadi lembaga yang memiliki reputasi baik di Indonesia dan prodi Psikologi UAD akan menjadi prodi terkemuka, maka dari itu CCE harus mampu membedah persoalan psikologis secara holistik dan integratif.

Strategi yang direalisasikan CCE untuk mencapai tujuannya yaitu dengan mengadakan berbagai program diantaranya: Research, pengabdian masyarakat, rekayasa sosial, diskusi publik yang akan bekerja dengan humas dan isu yang berkembang di media, short course, training, publikasi, layanan kasus pada tingkat komunitas, membuat networking dengan stakeholder, dan melakukan respon cepat tanggap terhadap isu aktual di lapangan lalu dikaji dan dianalisis secara psikologis. Dalam prosesnya CCE akan menghasilkan produk teoritik, metode intervensi, dan aplikatif berdasarkan komunitas.