sabtu sapa: mengatasi kecemasan dan overthingking pada masa pandemi Covid-19

Tetap produktif dimasa pandemi. Sekolah Generasi Badan Eksekutif Mahasiswa Psikologi (SEGER), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan acara Sabtu Sapa yang berisi Webinar pada 13/06/20. Mengangkat tema mengatasi kecemasan dan overthingking pada masa pandemi covid-19. Acara webinar dilakukan dengan cara virtual menggunakan aplikasi google meet. Dimoderatori Arum Djayati salah satu mahasiswa Psikologi UAD. Materi disampaikan oleh ibu Dian Fitriwati Darusmin.S.PSI,.M.A,Psikolog. Salah satu dosen Psikologi UAD. Acara ini diikuti kurang lebih 45 peserta dari berbagai fakultas dan universitas.

Membahas efek cemas yang ditimbulkan karena Covid-19. Ibu Dian memberi penjelasan tentang kecemasan menurut psikologi, cara coping terhadap stres, dan bagaimana mengatasi kecemasan dengan relaksasi sederhana yang bisa dilakukan sendiri setiap saat. “cemas normal untuk terjadi. Karena cemas bisa jadi alaram bahwa tubuh dapat merespon dengan baik. Anggap lah kecemasan sebagai tamu yang harus diterima dan fikirkan sebab dari mengapa anda mengalami kecemasan”. Jelas ibu dian.

Webinar berlangsung kurang lebih satu jam. Memberikan sesi tanya jawab. Peserta yang terpilih akan mendapat kesempatan untuk berbagi pendapat dan bertanya. Salah satunya Annisa Anna mahasiswa prodi Psikologi UAD. Ia menyakan akan kecemasan yang dialami oleh orang tuanya dimasa covid-19.

Ibu Dian memberikan tips untuk mengatasi kecemasan yang dialami oleh orang tua Annisa Anna. Dan bisa diterapkan untuk semua orang. Yaitu, dengan memastikan informasi yang masuk dari sumber terpercaya. Fokus pada jumlah data yang berhasil sembuh dari Covid-19. Serta fokus pada informasi yang ada pada ruang gerak kita. Dan selalu memakai protokol kesehatan.

ay