Seminar dan Talkshow : Apakah Anakku berbeda?

CHIFEC (Cildren and Family Education Centre) bekerjasama dengan ADI (Asosiasi disleksia Indonesia) menyelenggarakan seminar anak berkebutuhan khusus (3/2/2018). Bertempat di Audithorium IC Kampus 4 UAD, seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan  tentang pentingnya penanganan yang tepat kepada anak berkebutuhan khusus. Selain itu juga sebagai ajang promosi Chifec yang merupakan pusat studi tentang anak-anak dan keluarga yang dimiliki UAD. Chifec sendiri mulai aktif kembali setelah beberapa lama vakum dari bidang yang menjadi fokusnya.

Dengan tema  Apakah anakku berbeda? kenali keragaman anak melalui deteksi gangguan dan stimulasi perkembangan anak. Seminar ini di hadiri oleh 100 peserta yang sebagian besar terdiri dari ibu rumah tangga  dan guru sekolah dasar maupun SLB. Seminar ini menghadirkan beberapa pakar diantaranya Dr. Indra Gamayanti, M.Si Psikolog, Erny Hidayati, S.Psi, M.A, Psikolog dan Nurri Ariyanti Puspita, S.E . Ada juga penampilan seni yang diisi oleh siswa siswi SLB Minggir Sleman, Yogyakarta. Setelah  seminar selesai  dilanjutkan dengan   acara support tim dimana para peserta di bagi sepuluh kelompok saling berbagai pengalaman satu sama lain. Setelah itu setiap tim  menentukan  satu tema yang akan dibahas dalam kelompok tersebut untuk di presentasikan di depan kelompok lain. Support tim ini nantinya akan di buatkan wadah  yang di fasilitasi oleh Chifec dan  terus berlanjut setiap kegiatanya.

Kesadaran akan pentingnya penanganan anak dengan kebutuhan khusus masih sangat minim di berbagai daerah. Di imbangi lagi dengan beberapa sekolah yang tidak mau menampung anak dengan kebutuhan khusus. Inilah yang sering di keluhkan beberapa orang tua dengan penyandang anak berkebutuhan khusus. Kendala lain yang juga harus di hadapi oleh orang tua adalah membangkitkan self esteem pada anaknya ketika memasuki masa sekolah.

“Perlunya ilmu serta kesabaran bagi para orang tua yang mempunyai anak dengan kebutuhan khusus itu sangat penting,  tidak ada orang tua yang mau memiliki anak dengan kelaianan. Namun ini merupakan amanah yang  diberikan oleh sang Maha Kuasa kita tinggal menjalani. Saya sangat bangga karena chifec bisa bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan acara ini. Ini menunjukkan bahwa pusat studi ini memang sangat bermanfaat bagi semua, bahwa sesungguhnya kita didunia pendidikan harus bisa berperan aktif. Saya sangat apresiatif pada chifec ini, semoga bisa berkelanjutan melakukan kegiatan seperti ini.” Sarbiran Prof. Dr Sarbiran