Kolaborasi Mimpi untuk Negeri 2025

Masa  muda  adalah  sebuah  fase  dimana  seseorang  memiliki  kreatifitas, daya cipta, inovasi dan luapan energi yang sangat luar biasa. Pemuda membutuhkan  sebuah  platform  kepemudaan  yang  mampu  mengarahkan  luapan energi tersebut untuk menciptakan dampak-dampak positif yang dapat digunakan sebagai sumber inspirasi untuk berbuat sesuatu bagi bangsanya.

Pada kesempatan kali ini tiga mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan kembali mengukir prestasi karena berhasil terpilih melalui seleksi menjadi 150 pemuda terbaik untuk mengikuti “Youth Adventure Day 2016” yang di selenggarakan oleh Indonesian Youth Dream Foundation. Satu mahasiswa dari Fakultas Farmasi dan dua mahasiswa dari Fakultas Psikologi.  IYD Foundation sendiri adalah organisasi non-goverment yang mendapatkan support dari Kemenpora RI, Pemprov DIY, dan bekerjasama dengan organisasi kepemudaan tingkat Nasional hingga internasional seperti Forum Indonesia Muda, International  Youth  Peace  Group Korea Selatan,  GSSE  Sociopreneur  Thailand  dan  beberapa  organisasi  kepemudaan internasional lainnya yang peduli serta concern bergerak dibidang  Nationalism,  Creativity  and  Youth Development.

Youth Adventure Day yang dilaksanakan pada tanggal 26-28 Februari 2016 di Kebun Buah Mangunan Bantul, mempertemukan pemuda-pemudi dari seluruh indonesia yang menjadi delegasi masing-masing universitasnya. Semua pemuda ini adalah aktivis dan berprestasi di bidangnya,  baik dalam bidang keilmuan, seni, budaya, olahraga, pramuka, keagamaan, sosial masyarakat, kesehatan, lingkungan, politik, dan berbagai aktivitas lainnya.

Youth Adventure Day adalah bentuk kegiatan pengembangan diri berbasis experiential learning, outbond adrenaline dan penguatan nilai-nilai ESQ untuk para peserta. Rangkaian acara yang diadakan diantaranya, interactive session, dream planning workshop, coaching, FGD, culture night, mini workshop, outbond adrenaline,  film discussion dan green movement activity berupa penanaman pohon.

Pada kegiatan Youth Adventure Day dua mahasiswa Fakultas Psikologi UAD berhasil lolos seleksi menjadi bagian dari 150 Pemuda terpilih setelah bersaing ketat dengan 1.280 pendaftar muda dari seluruh indonesia. Dua mahasiswi yang terpilih tersebut adalah Amalia Rizkyarini (2013) dan Desi Ratna Ningrum (2015). Seleksi untuk lolos menjadi peserta terpilih, mereka di haruskan menusliskan pengalaman organisasi, prestasi, essay, dan motivation letter.

Tidak menyangka sebelumnya bisa terpilih menjadi salah satu peserta YAD bersama teman-teman dari berbagai universitas di Indonesia, yang karya dan aktivitasnya banyak menginspirasi. Kegiatan ini mengajak pemuda untuk mempersiapakan diri menhadapi bonus demografi dengan visi Kolaborasi Mimpi untuk Negeri 2025. Selagi masih muda yuk kita cari kesempatan, gunakan peluang, maksimalkan usaha, dan perbanyak doa. Ciptakan masa depan.” Kata Lia salah satu delegasi dari Psikologi UAD.

Kedua delegasi dari Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, berharap nantinya ada lagi delegasi yang mewakili UAD dalam forum kepemudaan tingkat nasional semacam ini dan bertemu mahasiswa-mahasiswa terpilih dari perwakilan universitas mereka masing-masing.