Kuliah Psikologi Forensik yang Banyak Diminati

img-20161222-wa0014Bertempat di auditorium kampus 1 UAD, pada tanggal 14/12/2016 diselenggarakan kuliah umum psikologi forensik bagi mahasiswa S1 maupun magister profesi psikolog dan beberapa magister sains. Kuliah umum kali ini mengundang ketua organisasi APSIFOR (Assosiasi Psikologi Forensik) yang merupakan suatu organisasi  berlatar belakang psikologi yang bergerak dalam bidang hukum, baik pidana maupun perdata. Pembicaranya sendiri ialah ibu Dra. Reni Kusumowardani, M.Si. Psikolog. Pada kesempatan kali ini para mahasiswa diajarkan tentang bagaimana sistem suatu hukum berjalan mulai dari masa praajudikasi sampai dengan masa pasca ajudikasi. Disampaikan juga tentang bagaimana psikologi mengambil peran penting dalam menyelesaikan suatu masalah hukum, baik dalam ranah korban, tersangka tak terkecuali dengan  hakim sidang.

Kuliah di buka dengan pemaparan materi seperti dosen pada umumnya.di teruskan dengan penyampaian materi oleh pembicara beserta berbagai macam contoh kasus yang telah di tangani oleh APSIFOR. Contoh yang di berikan menjadi bukti nyata tentang bagaimana peran psikologi sangat di butuhkan dalam ranah hukum.

Para mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kuliah umum kali ini terlebih dengan tema  yang diangkat yaitu  Peran Psikologi Forensik dalam Sistem Peradilan di Indonesia dengan tema yang sangat menarik ini para mahasiswa menjadi tau tentang seluk beluk proses suatu  hukum sampai kepengadilan.

 Kuliah umum psikologi forensik kali ini di akhiri dengan sesi Tanya jawab. Mahasiswa yang masih penasaran tentang materi psikologi forensik banyak bertanya tentang bagaimana menyelesaikan suatu kasus baik secara KUHP dan KUHA.

“Materi yang diberikan dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana peran psikologi forensik dalam sistem peradilan di Indonesia.pembicara dapat menjelaskan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi ilmuwan atau psikologi forensik”. Ungkap Bu Sri Kushartati selaku  Dosen mata kuliah psikologi forensik.