UAD bekali diri dengan ketrampilan Psychological First Aid (PFA)

Fakultas psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan kuliah umum praktek konseling.  Pada 24/04/21 secara online menggunakan media zoom. Diikuti 230 peserta. Adapun narasumbernya adalah Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si, Psikolog. Ia juga menjabat sebagai ketua Ikatan Psikologi Klinis Indonesia (IPK Indonesia).

Kuliah umum Paktek konseling dilaksanakan untuk pertama kalinya. Tema yang diangkat adalah Psychological First Aid. Menurut Dra.Mutingatu Sholichah M.Si,Psikolog selaku dosen pengampu. Tema PFA cocok dengan kondisi pandemi serta adanya beberapa bencana saat ini.

Kegiatan ini wajib diikuti mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktek konseling. Dihadiri juga oleh empat dosen pengampu dari masing-masing kelas yaitu Erlina Listiani Widuri . S.Psi.,M.M.A.,Psikolog,  Siti Muthia Dinni S. Psi., M.Psi Psikolog, Dra.Mutingatu Sholichah M.Si,Psikolog, Dessy Pranungsari, S.Psi.M.Psi., Psikolog. “Saya puas mahasiswa aktif dalam forum diskusi yang disediakan dan dapat menyampaikan banyak pertanyaan menarik.” Jelas, Mutingatu sebagai dosen.

“Sebagai seorang psikolog harus bisa mengelola diri sendiri sebelum mengelola orang lain” pesan  Laksmi kepada seluruh mahasiswa psikologi. Diakhir sesi ketua IPK ini juga membagikan cara melakuakan terapi mandiri untuk mengurangi sterss dengan Teknik tapping, dan juga relaksasi pernafasan tertentu yang diperaktekkan bersama-sama.