Cerita Nadia Juara 1 PILMAPRES

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabrakatuh

Halo, perkenalkan saya Nadia Afina Zulfa, biasanya dipanggil Nadia. Sekarang sedang berada di bangku perkuliahan semester 5. Alhamdulillah, pada ajang pilmapres di tingkat fakultas kemarin mendapatkan Peringkat pertama. Jadi, saya mau sharing tentang apa itu Mawapres dan sedikit banyak pengalaman mengikuti ajang ini

Nah, jadi MAWAPRES itu sebuah ajang untuk mencari mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik, organisasi, dan juga perlombaan. Di tiga hal itu??? IYA!. Kalau mau jadi mawapres maka harus punya tekad yang tangguh, harus mau berjuang. Karena, harus mampu menyeimbangkan antara bidang akademik, organisasi, dan juga prestasi di perlombaan. Memang, apa saja keuntungan yang dapat diperoleh? Tentunya, kita mendapat relasi , baik mahasiswa maupun dosen. Selain itu, kita bisa dilibatkan dalam berbagai kegiatan ilmiah di kampus, bahkan juga bisa menjadi delegasi kampus untuk mengikuti berbagai kegiatan ilmiah diluar kampus.

Terus, apa saja persiapannya agar bisa menjadi mawapres? Pertama, harus bisa mempertahankan IPK diatas 3,50. Kedua, harus aktif organisasi nih, baik di ranah fakultas, universitas, maupun diluar kampus. Ketiga, capai prestasi selama kuliah dari berbagai perlombaan, baik di tingkat universitas, nasional, maupun internasional.

Saat ajang pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) kita diharuskan membuat KTI (Karya Tulis Ilmiah) sesuai bidang yang kita kuasai. Seperti saya misalnya, karena berasal dari prodi Psikologi, saya mengambil judul terkait dengan pencegahan Self Harm pada Remaja. Nah, karena diharuskan membuat KTI, maka belajarlah untuk membuat KTI dan belajar public speaking serta kuasai bahasa inggris mulai dari sekarang. Karena nantinya KTI yang kita buat akan dipresentasikan dihadapan para juri, begitu juga dengan kemampuan berbahasa inggris kita.

Lalu, bagaimana awal mula bisa menjadi mawapres? Tahun lalu saya mendapat peringkat 3 pada ajang mawapres di tingkat universitas. Pada awalnya saya tidak ada niatan untuk mengikuti pilmapres. Namun, pada saat itu langsung diminta untuk mengumpulkan berkas-berkas oleh pihak fakultas, oleh dosen pembimbing saya. Kemudian dari pengumpulan berkas itu pun belanjut dengan mengikuti berbagai seleksi. Begitu juga dengan tahun ini, saya diminta oleh pihak fakultas untuk mengumpulkan berkas, dan kemudian mengikuti seleksi di tingkat fakultas.

Nah, prestasi apa yang sudah pernah diraih selama kuliah?

  1. 10 Besar Lomba Essay Economic Management Creative (EMC) UNNES 2019
  2. Juara 2 Lomba Esai Nasional Psychoweek Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang 2019
  3. Peserta Lomba PSYCHOBIG UNDIP 2019 Cabang lomba LCC
  4. 20 besar Lomba GEMASTIK 2020 Divisi Pengembangan Perangkat Lunak
  5. Peserta Lomba Esai Popsycle UPI 2020
  6. Peringkat 3 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Ahmad Dahlan
  7. Peringkat 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas
  8. Serta berbagai keikutsertaan dalam kegiatan ilmiah, baik lomba, seminar, maupun pelatihan lainnya

Lalu, organissasi apa saja yang pernah diikuti selama kuliah?

  1. IMM Psikologi UAD [2018] – [2019] dan [2019] – [2020]
  2. LSO Insight Community Psikologi UAD [2018] – [2019]
  3. LSO Community of Education Psychology (CEP) Psikologi UAD [2018] – [2019]
  4. DPM F Psikologi UAD [2019] – [2020]
  5. RELAWAN PLP CENDEKIA KOTA TEGAL [2020] – [2021]

 

Itulah, kurang lebih sharing terkait pilmapres dari saya. Kuncinya, seimbangkan 3 hal tadi, yaitu : akademik, organisasi, dan perlombaan. Serta, jangan lupa ibadahnya dikencengin, hehe… Baiklah, terimakasih. Semoga bermanfaat dan bisa menumbuhkan semangat berprestasi untuk teman-teman semuanya

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh